Show simple item record

dc.contributor.authorYuni Purwanto
dc.date.accessioned2013-12-06T07:48:21Z
dc.date.available2013-12-06T07:48:21Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM090210204086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5740
dc.description.abstractIlmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang materinya sangat dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Seharusnya materi dalam mata pelajaran tersebut mudah dipahami siswa. Penerapan berbagai teknik pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran IPS, salah satunya adalah teknik Mind Mapping. Penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, maka akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam dengan menggunakan teknik Mind Mapping di SDN Wirowongso 02 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV semester genap SDN Wirowongso 02 Jember dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam dengan menggunakan teknik Mind Mappin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian adalah SDN Wirowongso 02 Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada awal pra siklus, pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada pra siklus persentase aktivitas belajar siswa 56% dan siklus I diperoleh persentase sebesar 70% dan tergolong kategori cukup aktif. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada pra siklus secara klasikal sebesar 56% dan siklus I secara klasikal diperoleh persentase sebesar 82% dan tergolong baik. Pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 92% dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II sebesar 92% dan tergolong dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam, ada peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wirowongso 02 Jember Saran dari peneliti bagi guru SD adalah hendaknya dapat memanfaatkan teknik Mind Mapping sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran, baik pada mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran yang lain, karena penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian sejenis yang nantinya diharapkan peneliti lain mampu memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204086;
dc.subjectPeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Mind Mappingen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI SDN WIROWONGSO 02 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record