PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI SDN WIROWONGSO 02 JEMBER
Abstract
Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang materinya sangat
dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Seharusnya materi dalam mata
pelajaran tersebut mudah dipahami siswa. Penerapan berbagai teknik
pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran IPS,
salah satunya adalah teknik Mind Mapping. Penerapan teknik Mind Mapping
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat,
maka akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan
sumber daya alam dengan menggunakan teknik Mind Mapping di SDN
Wirowongso 02 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV semester genap SDN Wirowongso 02
Jember dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber
daya alam dengan menggunakan teknik Mind Mappin.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan pendahuluan, perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian adalah SDN Wirowongso 02
Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak
50 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik Mind Mapping
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam. Hal tersebut dapat dilihat
dari hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada
awal pra siklus, pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada pra siklus persentase
aktivitas belajar siswa 56% dan siklus I diperoleh persentase sebesar 70% dan
tergolong kategori cukup aktif. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada pra
siklus secara klasikal sebesar 56% dan siklus I secara klasikal diperoleh
persentase sebesar 82% dan tergolong baik. Pada siklus II, persentase aktivitas
belajar siswa sebesar 92% dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Persentase
hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II sebesar 92% dan tergolong dalam
kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik
Mind Mapping dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
kegiatan pemanfaatan sumber daya alam, ada peningkatan pada aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV SDN Wirowongso 02 Jember
Saran dari peneliti bagi guru SD adalah hendaknya dapat memanfaatkan
teknik Mind Mapping sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran, baik pada
mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran yang lain, karena penerapan teknik
Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti
lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian
sejenis yang nantinya diharapkan peneliti lain mampu memperbaiki dan
melengkapi kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.