• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI SDN WIROWONGSO 02 JEMBER

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Yuni Purwanto - 09021020408_1.pdf (227.4Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Yuni Purwanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang materinya sangat dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Seharusnya materi dalam mata pelajaran tersebut mudah dipahami siswa. Penerapan berbagai teknik pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran IPS, salah satunya adalah teknik Mind Mapping. Penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, maka akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam dengan menggunakan teknik Mind Mapping di SDN Wirowongso 02 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV semester genap SDN Wirowongso 02 Jember dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam dengan menggunakan teknik Mind Mappin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian adalah SDN Wirowongso 02 Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada awal pra siklus, pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada pra siklus persentase aktivitas belajar siswa 56% dan siklus I diperoleh persentase sebesar 70% dan tergolong kategori cukup aktif. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada pra siklus secara klasikal sebesar 56% dan siklus I secara klasikal diperoleh persentase sebesar 82% dan tergolong baik. Pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 92% dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II sebesar 92% dan tergolong dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam, ada peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wirowongso 02 Jember Saran dari peneliti bagi guru SD adalah hendaknya dapat memanfaatkan teknik Mind Mapping sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran, baik pada mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran yang lain, karena penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian sejenis yang nantinya diharapkan peneliti lain mampu memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5740
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail