ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MIE SETAN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas
pelayanan, harga, dan brand image terhadap keputusan pembelian pada Mie Setan Jember.
Dimana variabel independen yaitu Kualitas Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Harga
(X3) mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel dependennya.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Mie Setan Jember. Sampel diambil
sebanyak 150 orang responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data
dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh
pelanggan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi
berganda dengan pendekatan Confirmatory.
Berdasarkan hasil penelitian dilakukan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh
secara positif sebesar 0,190 dan signifikan sebesar 0,027 terhadap keputusan pembelian.
Hasil pengujian koefisien kualitas layanan terhadap keputusan pembelian memiliki jalur
positif sebesat 0,286 yang berarti semakin baik kualitas layanan akan menaikkan keputusan
pembelian. Nilai probabilitas (p) sebesar 0,035 yang berarti ada pengaruh signifikan kualitas
layanan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian koefisien jalur pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian memiliki jalur positif sebesar 0,038 yang berarti bahwa
semakin baik persepsi mengenai harga akan menaikkan keputusan pembelian. Nilai
probabilitas (p) sebesar 0,774 yang berarti tidak ada pengaruh signifikan harga terhadap
keputusan pembelian. Hasil pengujian koefisien brand image terhadap keputusan pembelian
memiliki jalur positif sebesat 0,041 yang berarti semakin baik brand image akan menaikkan
keputusan pembelian. Nilai probabilitas (p) sebesar 0,041 yang berarti ada pengaruh
signifikan brand image terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel dominan yang
mempengaruhi keputusan pembelian di Mie Setan Jember dapat diketahui dari nilai koefisien
standar untuk X1 sebesar 0,248, X2 sebesar 0,252, X3 sebesar 0,033, dan X4 sebesar 0,227.
Dengan demikian maka kualitas layanan memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan
pembelian di Mie Setan Jember. Hal ini menunjukkan bahwa alasan utama keputusan
konsumen untuk melakukan pembelian di Mie Setan Jember adalah persepsi mereka tentang
kualitas layanan.