dc.description.abstract | Kriteria kualitas perangkat yang terakhir adalah kriteria keefektifan.
Parameter dari kriteria ini adalah aktivitas siswa, respon siswa terhadap
pembelajaran, dan tingkat penguasaan siswa terhadap materi. Persentase aktivitas
siswa pada pertemuan pertama mencapai 83,6% dan pertemuan kedua mencapai
92,6%. Selain itu 96,5% siswa memberikan respon positif terhadap masing-masing
aspek dan komponen-komponen perangkat, serta media web yang digunakan dalam
pembelajaran. Kemudian hasil analisis penguasaan materi dari tes hasil belajar
menunjukkan bahwa 100% siswa dinyatakan lulus atau mendapat nilai ≥ 80 . Dari
data analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran efektif
untuk digunakan.
Berdasarkan hasil dari seluruh analisis data, diketahui bahwa perangkat
pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic mathematics education
berbantuan web pada subpokok bahasan segitiga memenuhi kriteria kualitas
perangkat yang meliputi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. | en_US |