ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TERBUKA BERBASIS POLYA SUB POKOK BAHASAN TABUNG KELAS IX SMP NEGERI 7 JEMBER
Abstract
Berdasarkan data hasil validasi tes berdasarkan validasi isi dan konstruksi
dengan beberapa komponen penguji, maka diperoleh bahwa tes tersebut valid
dengan koefisien kevalidan 4,04. Maka soal tes tersebut dapat digunakan dengan
beberapa revisi sesuai dengan saran revisi yang telah diberikan validator. Setelah
dilakukan uji validitas, kemudian dilakukan revisi terhadap tes. Selanjutnya
dilakukan uji reliabilitas terhadap tes yang telah direvisi. Hasil uji reliabilitas
menunjukkan bahwa tes tersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,6025. Kategori
reliabilitas tes tersebut adalah tinggi. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas
yang telah dilakukan, maka tes tersebut dikatakan valid dan reliabel. Sehingga
soal tes pemecahan masalah terbuka dapat digunakan untuk penelitian.
Setelah data hasil wawancara diperoleh, kemudian dianalisis. Ketiga
subjek penelitian sama-sama mengalami serangkaian proses berpikir mulai dari
disequilibrium, asimilasi, akomodasi, hingga mencapai equilibrium dalam setiap
langkah pemecahan polya pada salah satu permasalahan. Sedangkan untuk
permasalahan lainnya, subjek tersebut langsung mengalami asimilasi dan
akomodasi. Namun subjek ketiga mengalami keadaan tidak setimbang pada ketiga
permasalahan dalam melakukan langkah melihat kembali, sedangkan kedua
subjek lainnya mengalami disequilibrium pada salah satu permasalahan.