PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)
Abstract
Dari analisis validasi ahli dan ujicoba lapangan menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran matematika berbasis masalah (Problem Based Learning) telah
memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran yaitu kriteria kevalidan karena
perangkat pembelajaran memiliki tingkat kevalidan lebih dari 0,6, kriteria kepraktisan
kerena persentase kemampuan pengelolaan pembelajaran oleh guru lebih dari 80% atau
minimal kategori baik, dan kriteria keefektifan karena persentase aktivitas siswa lebih
dari 80% siswa memberikan respon positif, serta lebih dari 80% siswa telah mencapai
ketuntasan minimal skor 60. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat
pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika
berbasis masalah (Problem Based Learning) pokok bahasana SPLDV untuk kelas VIII
SMP yang layak dan dapat digunakan oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan
kegiatan pembelajaran matematika.