dc.description.abstract | Uji coba lapangan dilaksanakan di SMPN 1 Jember pada semester gasal tahun
ajaran 2013/2014 sebanyak empat kali pertemuan. NKG (Nilai kemampuan guru
mengelola pembelajaran) adalah 2,125; 2,85; 2,92; dan 2,93 dan persentase aktivitas
siswa adalah 80,21%, 81,25%, 83,33%, dan 89,58%. Berdasarkan analisis NKG dan
aktivitas siswa, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan. Keefektifan
perangkat pembelajaran dinilai dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Aspek sikap dianalisis dari lembar observasi pengembangan karakter dan penilaian
diri. Rata-rata persentase karakter kreatif siswa sebesar 70,67% dengan rincian 12
siswa memiliki karakter cukup kreatif dan 21 siswa memiliki karakter kreatif. Aspek
pengetahuan dianalisis berdasarkan nilai siswa pada LKS. Pada LKS tabung terdapat
empat siswa yang memproleh nilai kurang dari 75, tetapi pada LKS kerucut, nilai
semua siswa lebih dari 75. Sedangkan untuk aspek keterampilan, keterampilan siswa
pada pembelajaran I, II, III, dan IV berturut-turut adalah 82,83%, 83,84%, 91,92%,
dan 93,94%. Analisis terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan
menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat memenuhi
kriteria efektif. Berdasarkan kriteria kualitas tersebut, dihasilkan perangkat
pembelajaran matematika berbasis karakter kreatif dengan pendekatan RME pada sub
pokok bahasan tabung dan kerucut kelas IX SMP yang memenuhi kriteria kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan. | en_US |