PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK SMP KELAS VIII BERDASARKAN STANDAR PROSES NCTM (NATIONAL COUNCIL OF TEACHER OF MATHEMATICS)
Abstract
Berdasarkan hasil validasi LKS tersebut, diperoleh tingkat kevalidan LKS
sebesar 4,33 dengan kategori valid. Setelah LKS divalidasi, LKS tersebut
diujicobakan pada subjek ujicoba. Dari hasil uji coba diperoleh data respon guru,
responsiswa, dan hasil tes hasil belajar siswa. Persentase respon guru sebesar 92,59%
dan persentase respon siswa sebesar 86,5%. Dari persentase angket respon guru dan
angket respon siswa diperoleh persentase kepraktisan LKS berstandar NCTM sebesar
89,55%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi
kriteria kepraktisan dengan interpretasi sangat tinggi. Hasil tes hasil belajar siswa
menunjukkan 88% siswa mampu mencapai tingkat penguasaan materi minimal
sedang atau mampu mencapai minimal skor 60. Dengan demikian LKS yang
dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa LKS yang
dikembangkan layak untuk digunakan karena telah memenuhi kriteria kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan. Produk akhir dari pengembangan ini masih jauh dari
sempurna, jika ada peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis, lebih
diperhatikan standar proses NCTM terutama standar penalaran.