PENERAPAN MODEL INQUIRY DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI MTs
Abstract
Dari analisis data hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh ada
perbedaan skor kemampuan kognitif produk IPA-Fisika siswa yang signifikan
antara penerapan model inquiry dengan teknik mind mapping dan dengan model
inquiry tanpa teknik mind mapping, dan ada perbedaan skor motivasi belajar
siswa yang signifikan antara penerapan model inquiry dengan teknik mind
mapping dan dengan model inquiry tanpa teknik mind mapping serta hasil analisis
keterampilan proses sains diperolah data keterampilan proses sains secara klasikal
sebesar 85,41%.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan skor kemampuan
kognitif produk IPA-Fisika siswa yang signifikan antara penerapan model inquiry
dengan teknik mind mapping dan dengan model inquiry tanpa teknik mind
mapping pada siswa kelas VII MTs Negeri Paiton tahun ajaran 2013/2014,
keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs Negeri Paiton tahun ajaran
2013/2014 selama mengikuti pembelajaran IPA-Fisika menggunakan model
inquiry dengan teknik mind mapping rata-rata termasuk dalam kategori baik dan
ada perbedaan skor motivasi belajar siswa yang signifikan antara penerapan
model inquiry dengan teknik mind mapping dan dengan model inquiry tanpa
teknik mind mapping pada siswa kelas VII MTs Negeri Paiton tahun ajaran
2013/2014.