Pengaruh Model (PBI) Problem Based Instruction disertai Media Animasi Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII di MTs Negeri Glenmore
Abstract
Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1
diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 dengan signifikansi (1-tailed) sebesar
0,000 menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0,05 atau 0,000 0,05 sehingga
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain
skor rata-rata Hasil Belajar IPA Fisika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada
kelas kontrol. Dengan demikian, model PBI (Problem Based Instruction) disertai
media animasi macromedia Flash berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar IPA
Fisika siswa kelas VII di MTs Negeri Glenmore. Untuk menguji hipotesis penelitian
2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test nilai signifikansi (2-tailed) 0,003
dengan signifikansi (1-tailed) 0,0015 0,05, menunjukkan bahwa nilainya kurang
dari 0,05 atau 0,0015 0,05 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima.sehingga nilai rata-rata sikap ilmiah kelas eksperimen lebih
baik daripada kelas kontrol.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan: (1) Model PBI (Problem
Based Instruction) disertai media animasi macromedia flash berpengaruh terhadap
Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII di MTs Negeri Glenmore (2) Model PBI
(Problem Based Instruction) disertai media animasi macromedia flash berpengaruh
signifikan terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII di MTs Negeri Glenmore