• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MISKONSEPSI FISIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK FARMASI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    PANDU SETYOWIDI - 080210192013_1.pdf (602.0Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    Pandu Setyowidi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data miskonsepsi fisika siswa diperoleh dari skor rata-rata post-test miskonsepsi. Dalam soal miskonsepsi ini ada 10 soal pilihan ganda disertai dengan alasan atau keterangan. Indikator yang digunakan sesuai dengan indikator RPP peneliti dengan sistem penilaian skoring. Apabila jawaban benar dan alasan benar skor 0 (nol). Jawaban salah, alasan benar skor 1 (satu). Jawaban benar, alasan salah skor 3 (tiga). Sedangkan jawaban salah, alasan juga salah maka skor 5 (lima). Skor rata-rata miskonsepsi fisika siswa kelas eksperimen adalah 8,096 sedangkan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 14,419. Dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,0005 yang menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa diperoleh dari nilai post-test dengan 18 soal pilihan ganda tanpa ada alasan atau keterangan. Tes tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata klasikal nilai hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen adalah 72,04 dan untuk kelas kontrol sebesar 64,7. Analisis data hasil belajar fisika siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap penurunan miskonsepsi fisika siswa kelas XI di SMK Farmasi Jember, (2) Model Learning Cycle 5E dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMK Farmasi Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57324
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository