Show simple item record

dc.contributor.authorNURUL HIKMATUL JANNAH
dc.date.accessioned2014-04-23T01:54:08Z
dc.date.available2014-04-23T01:54:08Z
dc.date.issued2014-04-23
dc.identifier.nimNIM090210102050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57323
dc.description.abstractHasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000  0,05, sehingga rata-rata keterampilan generik sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berpengaruh signifikan terhadap keterampilan generik sains siswa di SMP. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000  0,05 sehingga rata-rata kemampuan kognitif sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif sains fisika siswa di SMP. Hasil analisis deskriptif aktivitas belajar siswa didapatkan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama sebesar 75,94 % dan pada pertemuan kedua didapatkan ratarata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 78,07 %. Jika dikonsultasikan pada katagori tingkat aktivitas siswa dapat dikatakan bahwa aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri berbasis observasis berada dalam kategori aktif karena berada pada rentang 60% sampai dengan 80%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)Model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berpengaruh signifikan terhadap keterampilan generik sains siswa kelas VII di SMP; (2)model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif sains fisika siswa kelas VII di SMP; dan (3)aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berada dalam katagori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102050;
dc.subjectModel Inkuiri, Keterampilan Generik Sains dan Kemampuan Kognitif sainsen_US
dc.titlePENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS OBSERVASI GEJALA FISIS TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SAINS FISIKA SISWA SMP (Pokok Bahasan Massa Jenis Zat)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record