• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS OBSERVASI GEJALA FISIS TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SAINS FISIKA SISWA SMP (Pokok Bahasan Massa Jenis Zat)

    Thumbnail
    View/Open
    NURUL HIKMATUL JANNAH - 090210102050_1.pdf (496.2Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    NURUL HIKMATUL JANNAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000  0,05, sehingga rata-rata keterampilan generik sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berpengaruh signifikan terhadap keterampilan generik sains siswa di SMP. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000  0,05 sehingga rata-rata kemampuan kognitif sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif sains fisika siswa di SMP. Hasil analisis deskriptif aktivitas belajar siswa didapatkan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama sebesar 75,94 % dan pada pertemuan kedua didapatkan ratarata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 78,07 %. Jika dikonsultasikan pada katagori tingkat aktivitas siswa dapat dikatakan bahwa aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri berbasis observasis berada dalam kategori aktif karena berada pada rentang 60% sampai dengan 80%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)Model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berpengaruh signifikan terhadap keterampilan generik sains siswa kelas VII di SMP; (2)model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif sains fisika siswa kelas VII di SMP; dan (3)aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model inkuiri berbasis observasi gejala fisis berada dalam katagori aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57323
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository