Show simple item record

dc.contributor.authorSiska Suryaning B.L
dc.date.accessioned2014-04-23T01:21:15Z
dc.date.available2014-04-23T01:21:15Z
dc.date.issued2014-04-23
dc.identifier.nimNIM090210103057
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57307
dc.description.abstractModel pembelajaran DLPS juga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif siswa, dimana untuk hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari presentase 33,33% pada prasiklus meningkat menjadi 61,11% pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II dengan presentase 89,99%. Untuk hasil belajar afektif juga mengalami peningkatan sebesar 18% dari setiap siklusnya, dimana presentase hasil belajar afektif pada siklus I mencapai 70% dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif siswa disebabkan oleh beberapa langkah dalam model pembelajaran DLPS, dimana siswa tidak hanya mendapatkan materi secara verbalistik saja tetapi siswa juga dihadapkan dengan permasalahan dalam sistem pernapasan yang sering ada dalam kehidupannya sehingga siswa dituntut untuk lebih banyak berfikir dalam memecahkan suatu permasalahan. Peningkatan aktivitas siswa di dalam kelas juga berkaitan dengan proses pembelajaran dengan model pembelajaran DLPS yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih banyak berfikir dan berbicara. Sehingga siswa dapat lebih banyak bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai permasalahan yang pernah ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan melatih siswa dalam bersosialisasi dengan baik bersama teman kelompoknya, serta berani mengemukakan pendapat baik dalam diskusi kelompok maupun di depan kelas. Dengan demikian, model pembelajaran DLPS terbukti memberikan dampak positif dan peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di dalam kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103057;
dc.subjectDouble Loop Problem Solving (DLPS), Aktivitas dan Hasil Belajar IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) PADA SISWA SMP NEGERI 6 JEMBER (Pokok Bahasan Sistem Pernapasan pada Kelas VIIIA Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013-2014)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record