• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) PADA SISWA SMP NEGERI 6 JEMBER (Pokok Bahasan Sistem Pernapasan pada Kelas VIIIA Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013-2014)

    Thumbnail
    View/Open
    Siska Suryaning B.L - 090210103057_1.pdf (369.2Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    Siska Suryaning B.L
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran DLPS juga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif siswa, dimana untuk hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari presentase 33,33% pada prasiklus meningkat menjadi 61,11% pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II dengan presentase 89,99%. Untuk hasil belajar afektif juga mengalami peningkatan sebesar 18% dari setiap siklusnya, dimana presentase hasil belajar afektif pada siklus I mencapai 70% dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif siswa disebabkan oleh beberapa langkah dalam model pembelajaran DLPS, dimana siswa tidak hanya mendapatkan materi secara verbalistik saja tetapi siswa juga dihadapkan dengan permasalahan dalam sistem pernapasan yang sering ada dalam kehidupannya sehingga siswa dituntut untuk lebih banyak berfikir dalam memecahkan suatu permasalahan. Peningkatan aktivitas siswa di dalam kelas juga berkaitan dengan proses pembelajaran dengan model pembelajaran DLPS yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih banyak berfikir dan berbicara. Sehingga siswa dapat lebih banyak bertanya atau mengemukakan pendapat mengenai permasalahan yang pernah ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan melatih siswa dalam bersosialisasi dengan baik bersama teman kelompoknya, serta berani mengemukakan pendapat baik dalam diskusi kelompok maupun di depan kelas. Dengan demikian, model pembelajaran DLPS terbukti memberikan dampak positif dan peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di dalam kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57307
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository