Show simple item record

dc.contributor.authorNIKMATUL HIDAYAH
dc.date.accessioned2014-04-23T01:12:25Z
dc.date.available2014-04-23T01:12:25Z
dc.date.issued2014-04-23
dc.identifier.nimNIM090210103079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57302
dc.description.abstractPenerapan pendekatan PAIKEM dengan strategi PQ4R mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa diperoleh persentase aktivitas belajar siswa berturut-turut adalah 52,02%, 73,93% dan 81,17% dengan kriteria kurang aktif, aktif dan aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa meningkat dari mulai pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu memperhatikan penjelasan guru sebesar 74,79%, dengan kriteria aktif menjadi 91,15% dan 93,59% dengan kriteria sangat aktif. Selanjutnya aktivitas bertanya/berpendapat sebesar 41,46% dengan kriteria kurang aktif meningkat menjadi 44.20% dan 48,47%. Selanjutnya aktivitas mencatat sebesar 51,82% dengan kriteria kurang aktif meningkat sebesar 67,37% dan 86,27% dengan kriteria cukup aktif dan sangat aktif. Kemudian aktivitas membaca sebesar 40,04% dengan kriteria kurang aktif meningkat menjadi 92,98% dan 96.34% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pra siklus memiliki rata-rata kelas sebesar 68,25, siklus I dengan rata-rata 77,32 dan siklus II dengan rata-rata kelas sebesar sebesar 90,07. Peningkatan persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 9,06 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,75. Keberhasilan peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini terletak pada pendekatan PAIKEM dengan strategi PQ4R yang memaksa siswa untuk ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran, tahapan PQ4R yang saling berkaitan yang dimulai dari tahap preview, question, read, reflect, recite dan review. Tahapn tersebut saling berkaitan untuk mengaitkan apa yang telah diperoleh dari membaca dengan yang disampaikan guru, hal ini akan membantu pemindahan informasi baru dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang juga membantu siswa memahami materi pembelajaran, terutama terhadap materi-materi yang lebih sukar dan menolong siswa untuk berkonsentrasi lebih lama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103079;
dc.subjectPendekatan PAIKEM, Strategi PQ4R, Aktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM DENGAN STRATEGI PQ4R DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEALAJARAN BIOLOGI (Siswa Kelas XI.IPA.2 MAN Genteng Tahun Pelajaran 2012/2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record