Show simple item record

dc.contributor.authorMuhamad Zukhruf Barkah Aminin
dc.date.accessioned2014-04-23T01:08:25Z
dc.date.available2014-04-23T01:08:25Z
dc.date.issued2014-04-23
dc.identifier.nimNIM090210103019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57300
dc.description.abstractData hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMP di Kabupaten Jember yaitu SMPN 3 Jember, SMPN 8 Jember, dan SMPN 2 Jenggawah. Berdasarkan hasil validasi, diketahuirata-rata persentase nilai yaitu 77,85%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi valid atau layak digunakan dalam pembelajaran dengan melakukan revisi kecil-kecilan terhadap substansi yang perlu diperbaiki berdasarkan kritik dan saran dari para validator. Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba perorangan dan uji coba kelompok. Uji coba perorangan dilakukan dengan 9 orang siswa sedangkan uji coba kelompok dilakukan satu kelas VIII yang sebelumnya pernah mendapatkan materi pencemaran lingkungan. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan uji coba perorangan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,48% siswa mengatakan mudah dan sisanya 18,52% siswa mengatakan sulit, sedangkan uji coba kelompok yaitu presentase rata-rata sebesar 83,56 siswa mengatakan mudah dan sisanya 16,44 siswa menyatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku siswa. Selain itu, hasil analisis angket respon pada uji coba perorangan diperoleh rata-rata persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sisanya 23,81% siswa tidak merespon positif, sedangkan pada uji coba kelompok diperoleh rata-rata persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sisanya 23,81% siswa tidak merespon positif Berdasarkan pemaparan hasil penelitian di atas maka dapat disimpuilkan bahwa buku siswa yang dikembangkan valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang dikembangkan telah mengulas materi pencemaran lingkungan secara keseluruhan dan telah melewati tahap validasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210103019;
dc.subjectPendekatan Keterampilan Proses, Pencemaran Lingkunganen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record