PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP
Abstract
Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan
validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi
dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMP di Kabupaten Jember yaitu SMPN
3 Jember, SMPN 8 Jember, dan SMPN 2 Jenggawah. Berdasarkan hasil validasi,
diketahuirata-rata persentase nilai yaitu 77,85%. Hal ini menunjukkan bahwa
produk yang dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi valid atau layak
digunakan dalam pembelajaran dengan melakukan revisi kecil-kecilan terhadap
substansi yang perlu diperbaiki berdasarkan kritik dan saran dari para validator.
Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba perorangan dan uji
coba kelompok.
Uji coba perorangan dilakukan dengan 9 orang siswa sedangkan uji coba
kelompok dilakukan satu kelas VIII yang sebelumnya pernah mendapatkan materi
pencemaran lingkungan. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan
uji coba perorangan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,48% siswa mengatakan
mudah dan sisanya 18,52% siswa mengatakan sulit, sedangkan uji coba kelompok
yaitu presentase rata-rata sebesar 83,56 siswa mengatakan mudah dan sisanya 16,44
siswa menyatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu
menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku siswa. Selain itu,
hasil analisis angket respon pada uji coba perorangan diperoleh rata-rata persentase
76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan
sisanya 23,81% siswa tidak merespon positif, sedangkan pada uji coba kelompok
diperoleh rata-rata persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap
bahan ajar yang dikembangkan sisanya 23,81% siswa tidak merespon positif
Berdasarkan pemaparan hasil penelitian di atas maka dapat disimpuilkan
bahwa buku siswa yang dikembangkan valid, sehingga layak digunakan dalam
pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang dikembangkan telah mengulas materi
pencemaran lingkungan secara keseluruhan dan telah melewati tahap validasi.