• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Muhamad Zukjruf Barkah Aminin - 090210103019_1.pdf (273.1Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    Muhamad Zukhruf Barkah Aminin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMP di Kabupaten Jember yaitu SMPN 3 Jember, SMPN 8 Jember, dan SMPN 2 Jenggawah. Berdasarkan hasil validasi, diketahuirata-rata persentase nilai yaitu 77,85%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi valid atau layak digunakan dalam pembelajaran dengan melakukan revisi kecil-kecilan terhadap substansi yang perlu diperbaiki berdasarkan kritik dan saran dari para validator. Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba perorangan dan uji coba kelompok. Uji coba perorangan dilakukan dengan 9 orang siswa sedangkan uji coba kelompok dilakukan satu kelas VIII yang sebelumnya pernah mendapatkan materi pencemaran lingkungan. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan uji coba perorangan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,48% siswa mengatakan mudah dan sisanya 18,52% siswa mengatakan sulit, sedangkan uji coba kelompok yaitu presentase rata-rata sebesar 83,56 siswa mengatakan mudah dan sisanya 16,44 siswa menyatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku siswa. Selain itu, hasil analisis angket respon pada uji coba perorangan diperoleh rata-rata persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sisanya 23,81% siswa tidak merespon positif, sedangkan pada uji coba kelompok diperoleh rata-rata persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sisanya 23,81% siswa tidak merespon positif Berdasarkan pemaparan hasil penelitian di atas maka dapat disimpuilkan bahwa buku siswa yang dikembangkan valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang dikembangkan telah mengulas materi pencemaran lingkungan secara keseluruhan dan telah melewati tahap validasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57300
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository