PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI (UNTUK MATERI AJAR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS 8-C SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 1 BANGIL PASURUAN)
Abstract
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis
dan keterampilan sosial siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada materi pertumbuhan dan
perkembangan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan
sosial siswa SMP Negeri 1 Bangil Pasuruan. Peningkatan kemampuan berpikir kritis
meningkat sebesar 8,8% dari siklus I sebesar 76,9% menjadi 85,7% di siklus II. Hasil
pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8-C SMP
Negeri 1 Bangil Pasuruan tergolong dalam kategori sangat kritis.
Peningkatan keterampilan sosial juga mengalami kenaikan sebesar 2,53
dimana pada siklus I diperoleh hasil sebesar 33,55 menjadi 36,08 pada siklus II. Hasil
pada siklus II menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa kelas 8-C SMP Negeri 1
Bangil Pasuruan tergolong dalam kategori sangat baik.
Dari hasil penelitian ini pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Group Investigation (GI) dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa.