PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII.C Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya dalam Pembangunan Berkelanjutan Semester Ganjil SMP Negeri 2 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2013/2014)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII.C di SMP Negeri 2
Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2013/2014. Analisis data dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masingmasing
siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode
dokumentasi, metode wawancara dan metode angket.
Penerapan media visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa. Skor motivasi belajar siswa sebelum menerapkan media
visual sebesar 1,92, sedangkan skor motivasi siswa pada siklus I sebesar 2,69, dan
skor pada siklus II sebesar 3,53. Motivasi belajar siswa terus mengalami peningkatan
seiring dengan perbaikan cara mengajar guru.
Penerapan media visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil
belajar siswa seiring dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil belajar siswa
sebelum menggunakan media visual memiliki ketuntasan belajar sebesar 26,4%, pada
siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 67,6%, dan pada siklus II
persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 79,4%. Hasil belajar siswa kelas
VIII.C di SMP Negeri 2 Genteng mengalami peningkatan setelah penggunaan media
visual. Hasil belajar siswa terus meningkat seiring dengan peningkatan motivasi
belajar siswa.