• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII.C Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya dalam Pembangunan Berkelanjutan Semester Ganjil SMP Negeri 2 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2013/2014)

    Thumbnail
    View/Open
    Sutiani - 060210301269_1.pdf (183.0Kb)
    Date
    2014-04-22
    Author
    Sutiani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII.C di SMP Negeri 2 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2013/2014. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masingmasing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi, metode wawancara dan metode angket. Penerapan media visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Skor motivasi belajar siswa sebelum menerapkan media visual sebesar 1,92, sedangkan skor motivasi siswa pada siklus I sebesar 2,69, dan skor pada siklus II sebesar 3,53. Motivasi belajar siswa terus mengalami peningkatan seiring dengan perbaikan cara mengajar guru. Penerapan media visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa seiring dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media visual memiliki ketuntasan belajar sebesar 26,4%, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 67,6%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 79,4%. Hasil belajar siswa kelas VIII.C di SMP Negeri 2 Genteng mengalami peningkatan setelah penggunaan media visual. Hasil belajar siswa terus meningkat seiring dengan peningkatan motivasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57260
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository