PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG NEW STAR CINEPLEX JEMBER
Abstract
Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan 𝛾′ = -5,840 +
0,304X1 - 0,264X2 + ei dengan R2 (R square) sebesar 0,737. Hal ini menunjukkan
bahwa semua variabel bebas (kualitas pelayanan dan harga) secara simultan memiliki
pengaruh terhadap kepuasaan pengunjung New Star Cineplex Jember. Besarnya
pengaruh tersebut sebesar 73,7%. Sedangkan secara parsial kualitas pelayanan
memiliki pengaruh sebesar 55,799% dan harga sebesar 17,955%. Berdasarkan
analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1) kualitas pelayanan dan
harga berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung New Star Cineplex Jember sebesar
73,7% dan 2) kualitas pelayanan memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan
pengunjung New Star Cineplex Jember sebesar 55,799%.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka dapat diberikan saran pada
beberapa pihak antara lain: 1) bagi pihak New Star Cineplex Jember, untuk terus
meningkatkan kualitas pelayanannya dan mempertahankan harga tiket masuk yang
ditawarkan, dan 2) bagi peneliti lain, untuk mempertimbangkan pengaruh variabel
bebas lain seperti contohnya: promosi, lokasi, dan lain-lainnya jika ingin melakukan
penelitian sejenis.