dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata indikator aktivitas siswa sebelum
tindakan yaitu 2,1 pada kategori rendah, sedangkan nilai rata-rata ulangan harian
siswa sebelum tindakan rendah yaitu 67,27 dengan ketuntasan klasikal sebesar
36,36%. Nilai ini dibawah KKM sekolah yaitu 75 dengan ketuntasan klasikal 75%.
Peneliti bersama guru berkolaborasi untuk menggunakan media pembelajaran CD
Interaktif untuk menyolusi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas XII IPS
3 SMA Muhammadiyah 3 Jember pada mata pelajaran akuntansi standar kompetensi
laporan keuangan perusahaan dagang tahun ajaran 2013-2014.
Penggunaan media CD Interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 3 Jember mata pelajaran akuntansi
pokok bahasan laporan keuangan perusahaan dagang semester ganjil tahun pelajaran
2013/2014. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang dicapai
siswa pada indikator aktivitas sebelum tindakan, pada siklus I dan pada siklu II
mengalami kenaikan. Skor rata-rata indikator aktivitas siswa pada sebelum tindakan
yaitu 2,1 pada kategori rendah meningkat pada siklus I yaitu 3,8 dengan kategori
tinggi dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 4,8 dengan kategori tinggi. Peningkatan
hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian dan ketuntasan
klasikal pada sebelum tindakan, pada siklus I dan pada siklus II. Nilai rata-rata
ulangan harian siswa pada sebelum tindakan yaitu 67,27 dengan ketuntasan klasikal
sebesar 36,36% meningkat pada siklus I yaitu 76,06 dengan ketuntasan klasikal
sebesar 72,72% dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 89,24 dengan ketuntasan
klasikal sebesar 90,90% dengan kata lain hampir seluruh siswa tuntas. | en_US |