• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (CD INTERAKTIF) (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Akuntansi Standar Kompetensi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Kelas XII IPS 3 Semester Ganjil SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Ajaran 2013-2014)

    Thumbnail
    View/Open
    Muslimatur Rohmi - 070210391070_1.pdf (1.492Mb)
    Date
    2014-04-22
    Author
    Muslimatur Rohmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata indikator aktivitas siswa sebelum tindakan yaitu 2,1 pada kategori rendah, sedangkan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebelum tindakan rendah yaitu 67,27 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36,36%. Nilai ini dibawah KKM sekolah yaitu 75 dengan ketuntasan klasikal 75%. Peneliti bersama guru berkolaborasi untuk menggunakan media pembelajaran CD Interaktif untuk menyolusi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas XII IPS 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember pada mata pelajaran akuntansi standar kompetensi laporan keuangan perusahaan dagang tahun ajaran 2013-2014. Penggunaan media CD Interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 3 Jember mata pelajaran akuntansi pokok bahasan laporan keuangan perusahaan dagang semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang dicapai siswa pada indikator aktivitas sebelum tindakan, pada siklus I dan pada siklu II mengalami kenaikan. Skor rata-rata indikator aktivitas siswa pada sebelum tindakan yaitu 2,1 pada kategori rendah meningkat pada siklus I yaitu 3,8 dengan kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 4,8 dengan kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian dan ketuntasan klasikal pada sebelum tindakan, pada siklus I dan pada siklus II. Nilai rata-rata ulangan harian siswa pada sebelum tindakan yaitu 67,27 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36,36% meningkat pada siklus I yaitu 76,06 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,72% dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 89,24 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,90% dengan kata lain hampir seluruh siswa tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57243
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository