PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MIE SETAN JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan secara
bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian
di kedai Mie Setan Jember. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan
uji F menghasilkan Fhitung = 127,457 > Ftabel = 4,043 dan α = 0,05 > Sig F = 0,000
dankoefisien determinasi (Rsquare) sebesar 72,6%, sedangkan sisanya yaitu 27,4%
dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak di teliti, seperti kualitas produk, harga,
lokasi, promosi, dan lain sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan
dapat mempengaruhi keputusan pembelian di kedai Mie Setan Jember. Keputusan
Pembelian merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh pihak
Kedai Mie Setan di Jember. Pada Kedai Mie Setan Jember sangat mengutamakan
kualitas dalam hal produk maupun pelayanannya, sehingga konsumen akan
mengalami kemudahan dalam melakukan keputusan pembelian pada Kedai Mie
Setan Jember tersebut. Adapun bentuk dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh
Kedai Mie Setan adalah berupa bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan
empati. Dimana pada Kedai Mie Setan kelima indikator tersebut sudah dapat
dilaksanakan dengan baik, sehingga konsumen merasa senang terhadap pelayanan
yang diberikan oleh pihak Kedai Mie Setan tersebut.