PENGARUH DISPLAY PRODUK DAN PROGRAM PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MELAKUKAN PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Kasus Pada Indomaret Di Jalan Jawa Kabupaten Jember Tahun 2013)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi
Y= 0,062+0,147+0,101+ei sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
antara display produk dan program promosi terhadap keputusan pembelian Impulsif.
Dari hasil uji F atau simultan diperoleh Fhitung sebesar 160,97 dan Ftabel sebesar 3,19
maka (160,97 ≥ 3,19) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis. Hasil
pengujian secara parsial variabel display produk diperoleh thitung sebesar 6,646 dan
ttabel sebesar 2,01 dengan nilai signifikansi (6,464 ≥ 2,01), thitung sebesar 2,373 dan
ttabel sebesar 2,01 untuk variabel program promosi dengan nilai signifikansi (2,373 ≥
2,01), hal ini berarti hipotesis diterima. Koefisien determinan R2 Sebesar 87,3%
sedangkan sisanya 23,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Besarnya
kontribusi atau sumbangan secara parsial masing-masing adalah 65,38% untuk
variabel display produk dan 21,87% untuk variabel program promosi. Berdasarkan
hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel display produk (X1)
merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen
melakukan pembelian Impulsif.