ASPEK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RPP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KENCONG
Abstract
Hasil penelitian terhadap aspek pendidikan karakter dalam RPP bahasa dan
sastra Indonesia di SMA Negeri 1 Kencong diperoleh empat belas aspek karakter,
yaitu (1) aspek religius, (2) aspek toleransi, (3) aspek disiplin, (4) aspek kreatif, (5)
aspek mandiri, (6) aspek demokratis, (7) aspek rasa ingin tahu, (8) aspek cinta tanah
air, (9) aspek menghargai prestasi, (10) aspek bersahabat/komunikatif, (11) aspek
gemar membaca, (12) aspek peduli lingkungan, (13) aspek peduli sosial, dan (14)
aspek tanggung jawab. Keempatbelas aspek karakter di atas aspek pendidikan
karakter dalam RPP bahasa dan sastra Indonesia memiliki wadah penuangan meliputi
(1) Materi Pembelajaran, (2) Indikator Pembelajaran, (3) Tujuan Pembelajaran, (4)
Strategi Pembelajaran, dan (5) Kegiatan Belajar Mengajar. Selain aspek dan wadah
penuangan pendidikan karakter di atas aspek pendidikan karakter dalam RPP bahasa
dan sastra Indonesia juga bentuk penuangan pendidikan karakter berupa (1) frasa, (2)
klausa, dan (3) kalimat yang dimaksudkan untuk menanamkan nilai karakter kepada
siswa.