Show simple item record

dc.contributor.authorEKA KIRTI ANINDITA
dc.date.accessioned2014-04-21T04:20:56Z
dc.date.available2014-04-21T04:20:56Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM090210402022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57196
dc.description.abstractJenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan media pembelajaran audio-visual pada keterampilan membaca berita berbahasa Indonesia kelas XI SMA dikembangkan dengan menggunakan model 4-P. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian, berisi kegiatan-kegiatan analisis yang bertujuan untuk mendefinisikan dan menetapkan kebutuhan pembelajaran. Kegiatan analisis diakhiri dengan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap ini terdiri beberapa fase diantaranya adalah analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran; (2) tahap perancangan bertujan untuk merancang desain awal perangkat pembelajaran. Proses perancangan dimulai setelah tujuan kegiatan pembelajaran ditentukan. Kegiatan utama dalam proses perancangan adalah pemilihan media dan format untuk bahan dan pembuatan desain awal pembelajaran; (3) tahap pemgembangan bertujuan untuk memodifikasi desain awal perangkat pembelajaran. Dalam hal ini, umpan balik hasil penilaian ahli, validasi, dan uji coba digunakan untuk memperbaiki bagian perangkat yang tidak sesuai; (4) tahap penyebaran, bahan-bahan pembelajaran mencapai tahap produksi akhir bila tes pengemban memberikan hasil yang konsisten dan penilaian ahli memberikan ulasan yang positif. Dalam penelitian ini dibatasi hanya pada tahap ketiga saja. Produk yang dimaksud dalam penelitian ini berupa CD media pembelajaran multimedia berupa video yang di dalamnya berisi pemaparan materi membaca berita dilengkapi dengan contoh pembacaan berita yang mengandung kesalahan dalam aspek intonasi, lafal, penjedaan, dan sikap membaca. Masing-masing dianalisis letak kesalahannya lalu diperbaiki dengan pembenaran dari kesalahan tersebut, dicontohkan pula cara membaca berita dengan baik dan benar. Akhir video merupakan penutup dan ucapan terima kasih.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210402022;
dc.subjectBerbahasaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACAKAN BERITA BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA BERBASIS MULTIMEDIAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record