PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACAKAN BERITA BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA BERBASIS MULTIMEDIA
Abstract
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses
pengembangan media pembelajaran audio-visual pada keterampilan membaca berita
berbahasa Indonesia kelas XI SMA dikembangkan dengan menggunakan model 4-P.
Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu:
(1) tahap pendefinisian, berisi kegiatan-kegiatan analisis yang bertujuan untuk
mendefinisikan dan menetapkan kebutuhan pembelajaran. Kegiatan analisis diakhiri
dengan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap ini terdiri beberapa fase diantaranya
adalah analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan
perumusan tujuan pembelajaran; (2) tahap perancangan bertujan untuk merancang
desain awal perangkat pembelajaran. Proses perancangan dimulai setelah tujuan
kegiatan pembelajaran ditentukan. Kegiatan utama dalam proses perancangan adalah
pemilihan media dan format untuk bahan dan pembuatan desain awal pembelajaran;
(3) tahap pemgembangan bertujuan untuk memodifikasi desain awal perangkat
pembelajaran. Dalam hal ini, umpan balik hasil penilaian ahli, validasi, dan uji coba
digunakan untuk memperbaiki bagian perangkat yang tidak sesuai; (4) tahap
penyebaran, bahan-bahan pembelajaran mencapai tahap produksi akhir bila tes
pengemban memberikan hasil yang konsisten dan penilaian ahli memberikan ulasan
yang positif. Dalam penelitian ini dibatasi hanya pada tahap ketiga saja.
Produk yang dimaksud dalam penelitian ini berupa CD media pembelajaran
multimedia berupa video yang di dalamnya berisi pemaparan materi membaca berita
dilengkapi dengan contoh pembacaan berita yang mengandung kesalahan dalam
aspek intonasi, lafal, penjedaan, dan sikap membaca. Masing-masing dianalisis letak
kesalahannya lalu diperbaiki dengan pembenaran dari kesalahan tersebut,
dicontohkan pula cara membaca berita dengan baik dan benar. Akhir video
merupakan penutup dan ucapan terima kasih.