Show simple item record

dc.contributor.authorRIYAN EKA ANDRIYANI
dc.date.accessioned2014-04-21T04:00:23Z
dc.date.available2014-04-21T04:00:23Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM080210204304
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57186
dc.description.abstractPada penelitian ini subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IVb dengan jumlah 20 siswa yang terdiri atas 9 laki – laki dan 11 perempuan di SDN 7 Kajarharjo. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas IVB SDN 7 Kajarharjo, referensi serta dokumentasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, sedangkan desain penelitian yaitu terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu berupa analisis hasil kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar. Data hasil observasi pasa siklus I menunjukkan bahwa rata – rata berfikir kritis x siswa yaitu 2,9 dalam kategori sedang, sedangkan pada siklus II kemampuan berfikir kritis siswa mencapai 3,5dalam ktegori tinggi. Pada pembelajaran siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 50%, sedangkan secara klasikal sebesar 72% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu,secara individu sebesar 95% sedangkan secara klasikal sebesar 97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPSdengan materi masalah – masalah sosial dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN 7 Kajarharjo Kalibaru sesuai dengan kriteria keberhasilan berfikir kritis dan kriteria ketuntasan minimal. Saran baik bagi siswa, guru, sekolah dan peneliti lain adalah dalam proses belajar mengajar siswa dapat belajar untuk saling bekerja sama dan menghargai dengan model pembelajaran inovatif yang dikembangkan oleh guru melalui dukungan dari sekolah dan peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan kreativitas sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, menyenangkan dan bermanfaat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204304;
dc.subjectBerpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Problem Solvingen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWAMELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGMATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH - MASALAH SOSIAL KELAS IVB SDN 7 KAJARHARJO KALIBARU BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2012-2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record