• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWAMELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGMATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH - MASALAH SOSIAL KELAS IVB SDN 7 KAJARHARJO KALIBARU BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    Riyan Eka Andriyani - 080210204304_1.pdf (305.4Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    RIYAN EKA ANDRIYANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada penelitian ini subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IVb dengan jumlah 20 siswa yang terdiri atas 9 laki – laki dan 11 perempuan di SDN 7 Kajarharjo. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas IVB SDN 7 Kajarharjo, referensi serta dokumentasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, sedangkan desain penelitian yaitu terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu berupa analisis hasil kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar. Data hasil observasi pasa siklus I menunjukkan bahwa rata – rata berfikir kritis x siswa yaitu 2,9 dalam kategori sedang, sedangkan pada siklus II kemampuan berfikir kritis siswa mencapai 3,5dalam ktegori tinggi. Pada pembelajaran siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 50%, sedangkan secara klasikal sebesar 72% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu,secara individu sebesar 95% sedangkan secara klasikal sebesar 97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPSdengan materi masalah – masalah sosial dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN 7 Kajarharjo Kalibaru sesuai dengan kriteria keberhasilan berfikir kritis dan kriteria ketuntasan minimal. Saran baik bagi siswa, guru, sekolah dan peneliti lain adalah dalam proses belajar mengajar siswa dapat belajar untuk saling bekerja sama dan menghargai dengan model pembelajaran inovatif yang dikembangkan oleh guru melalui dukungan dari sekolah dan peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut dengan mengembangkan kreativitas sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, menyenangkan dan bermanfaat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57186
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository