PENERAPAN PMRI (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS II SDN SUCI 03 PANTI KABUPATEN JEMBER PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN CACAH
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan PMRI pada siswa kelas II SDN Suci 03 Kecamatan Panti, Jember pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan cacah berjalan dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip PMRI (RME) yaitu use of context, use of models, student contributions, interactivity, dan intertwining, serta hasil belajar dan aktivitas siswa meningkat. Hal tersebut diperoleh dari hasil analisis hasil belajar dan aktivitas siswa pada siklus 1 sampai dengan siklus 2. Pada siklus 1 persentase hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 65,21% dan pada siklus 2 persentase hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 91,30%. Aktivitas siswa pada siklus 1, persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 54,34% dan pada siklus 2 sebesar 89,12%.