• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SUB POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG UNTUK KELAS V SD

    Thumbnail
    View/Open
    Kutsiatut Diana - 100210204023_1.pdf (96.06Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    Kutsiatut Diana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan CTL sub pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang untuk kelas V SD yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKS dan THB), karena koefisien validitasnya > 0,60, yaitu berturut-turut adalah 0,75; 0,71; 0,73; dan 0,79. Koefisien tersebut menunjukkan bahwa perangkat layak digunakan; b) praktis, diperoleh dari hasil analisis lembar observasi yang menunjukkan persentase aktivitas guru model selama empat pertemuan stabil yaitu mencapai persentase 88,57%. Persentase ini menunjukkan perangkat mudah digunakan oleh guru; c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas belajar siswa yang berkategori baik dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yaitu 80%, 80,63%, 83,81%, dan 84,66%, (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu ≥ 80%, (3) lebih dari 80% siswa di kelas V SDN Kaliwates 01 Jember mendapat skor ≥ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57179
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15331]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository