PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SUB POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG UNTUK KELAS V SD
Abstract
Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan
CTL sub pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang untuk kelas V SD yang
terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena
memenuhi tiga kriteria yaitu:
a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa,
LKS dan THB), karena koefisien validitasnya > 0,60, yaitu berturut-turut adalah
0,75; 0,71; 0,73; dan 0,79. Koefisien tersebut menunjukkan bahwa perangkat
layak digunakan;
b) praktis, diperoleh dari hasil analisis lembar observasi yang menunjukkan
persentase aktivitas guru model selama empat pertemuan stabil yaitu mencapai
persentase 88,57%. Persentase ini menunjukkan perangkat mudah digunakan
oleh guru;
c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas belajar siswa yang
berkategori baik dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yaitu 80%, 80,63%, 83,81%, dan
84,66%, (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran
dan proses pembelajaran yaitu ≥ 80%, (3) lebih dari 80% siswa di kelas V SDN
Kaliwates 01 Jember mendapat skor ≥ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar
menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas
tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk
mencapai tujuan pembelajaran.