Show simple item record

dc.contributor.authorAris Bayu Seno
dc.date.accessioned2014-04-21T02:57:17Z
dc.date.available2014-04-21T02:57:17Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM070210204409
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57163
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada kegiatan pembelajaran siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil evaluasi belajar sebesar 70,8%. Sedangkan peningkatan hasil evaluasi belajar siswa pada siklus II adalah sebesar 95%. Pada aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan aktivitas belajar prasiklus hanya terpusat pada guru (teacher oriented) kegiatan siswa hanya terbatas pada mencatat pelajaran dan bertanya kepada guru. Sedangkan pada pembelajaran siklus I aktivitas belajar mencapai 67,2% dan aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai 82,5%. Aktivitas belajar siswa dalam hal ini adalah dipelajari yang meliputi : berdiskusi, bertanya, mencatat pelajaran, aktif melakukan eksperimen, dan menyelesaikan soal. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui model SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Asembagus terutama terhadap mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan proses pembentukan tanah. Dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui implementasi model SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja, maka penulis memberikan saran kepada para tenaga pendidik terutama guru sekolah dasar yaitu : (1) bagi guru terutama guru IPA, model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja dapat diterapkan pada pembelajaran IPA agar siswa lebih mudah dalam memahami konsep-konsep IPA, (2) guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan alat-alat bantu (alat peraga) jika memakai model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja, (3) bagi peneliti lain disarankan agar mengadopsi model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja ini pada pokok bahasan IPA yang berbeda ataupun pada jenjang pendidikan yang lain sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204409;
dc.subjectModel SEQIP, Penilaian Kinerja, Aktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL SEQIP DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KELAS V SDN 4 ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record