• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI MODEL SEQIP DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KELAS V SDN 4 ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Aris Bayu Seno - 070210204409_1.pdf (240.3Kb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    Aris Bayu Seno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada kegiatan pembelajaran siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil evaluasi belajar sebesar 70,8%. Sedangkan peningkatan hasil evaluasi belajar siswa pada siklus II adalah sebesar 95%. Pada aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan aktivitas belajar prasiklus hanya terpusat pada guru (teacher oriented) kegiatan siswa hanya terbatas pada mencatat pelajaran dan bertanya kepada guru. Sedangkan pada pembelajaran siklus I aktivitas belajar mencapai 67,2% dan aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai 82,5%. Aktivitas belajar siswa dalam hal ini adalah dipelajari yang meliputi : berdiskusi, bertanya, mencatat pelajaran, aktif melakukan eksperimen, dan menyelesaikan soal. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui model SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Asembagus terutama terhadap mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan proses pembentukan tanah. Dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui implementasi model SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja, maka penulis memberikan saran kepada para tenaga pendidik terutama guru sekolah dasar yaitu : (1) bagi guru terutama guru IPA, model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja dapat diterapkan pada pembelajaran IPA agar siswa lebih mudah dalam memahami konsep-konsep IPA, (2) guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan alat-alat bantu (alat peraga) jika memakai model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja, (3) bagi peneliti lain disarankan agar mengadopsi model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan penilaian kinerja ini pada pokok bahasan IPA yang berbeda ataupun pada jenjang pendidikan yang lain sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57163
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository