HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA WARGA BELAJAR LEVEL PRE BASIC LEMBAGA KURSUS WINDA’S ENGLISH COURSE JEMBER TAHUN 2013
Abstract
Hasil belajar adalah hasil dari berbagai upaya dan daya partisipasi belajar
yang di lakukan dalam mempelajari materi pembelajaran tertentu. Oleh karena itu
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara
partisipasi orang tua dengan hasil belajar bahasa inggris pada warga belajar level pre
basic di Winda’s English Course pada Tahun 2013. Manfaat penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan partisipasi orang tua dengan hasil belajar bahasa inggris
pada warga belajar Lembaga Kursus Winda’s English . Metode yang digunakan
untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan metode kuantitatif, karena
penelitian ini bertujuan ingin mengetahui hubungan antara peran orang tua dengan
hasil belajar dengan jumlah Responden 26 orang tua peserta didik dengan teknik
populasi.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode statistik
mempergunakan rumus Korelasi Tata jenjang nilai r hitung sebesar 0.611. Nilai ini
lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N = 26 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar
0,392 diketahui bahwa ada hubungan antara partisipasi orang tua dengan hasil belajar
bahasa inggris pada peserta didik. Hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima.
Berdasarkan pengolahan data tersebut, diketahui besarnya hubungan partisipasi orang
tua dengan hasil belajar bahasa inggris pada peserta didik Lembaga Kursus Bahasa
Inggris Winda’s English Jember tahun 2013/2014 yang Cukup.
Sehingga pada hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: ada
hubungan antara partisipasi orang tua dengan hasil belajar siswa di Winda’s English
Course. Artinya semakin orang tua ikut berperan dan membimbing anak-anaknya
dengan benar dan tepat, maka semakin berdampak positif terhadap perkembangan
dan hasil belajar anak.