dc.contributor.author | Inayatul Hasanah | |
dc.date.accessioned | 2014-04-16T20:57:26Z | |
dc.date.available | 2014-04-16T20:57:26Z | |
dc.date.issued | 2014-04-16 | |
dc.identifier.nim | NIM090910201015 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57091 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat di
Unit Rawat Jalan Puskesmas Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan
menggunakan teknik sampel incidental sebanyak 150 orang/responden berdasarkan
KEP/25/M.PAN/2/2004. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis meliputi:
teknik wawancara, teknik kuesioner dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif
untuk memperoleh nilai per unsur dan nilai IKM total. Nilai IKM dihitung dengan
menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” masing-masing unsur pelayanan.
Hasil nilai rata-rata tertimbang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di
Puskesmas Kraksaan Kabupaten Probolinggo tahun 2013 sebesar 2,56. Hasil
perhitungan nilai rata-rata tertimbang tersebut setelah dikonversi adalah sebesar 64
menunjukkan bahwa mutu pelayanan Puskesmas Kraksaan dalam kategori B
berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor:
KEP/25/M.PAN/2/2004. Kategori tersebut berarti kinerja unit pelayanan Puskesmas
Kraksaan dinyatakan baik.
Unsur Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang memperoleh nilai tertinggi
adalah unsur kesopanan dan keramahan petugas dan unsur terendah adalah unsur
kepastian jadwal pelayanan. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh nilai
sebesar 64 yang termasuk kategori baik. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090910201015; | |
dc.subject | Kepuasan Masyarakat, Rawat Jalan, Puskesmas | en_US |
dc.title | INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO | en_US |
dc.type | Other | en_US |