PEMASARAN SECARA ONLINE PRODUK BATIK PADA RUMAH BATIK ROLLA JEMBER
Abstract
Seiring dengan perkembangan dunia Internet yang makin hari semakin maju
dan berkembang pesat, hingga pada akhirnya berbagai istilah muncul dalam dunia
Internet dan salah satunya adalah istilah Internet Marketing atau Pemasaran Internet.
Perkembangan internet tersebut dimanfaatkan oleh pebisnis seperti Ibu Iriane untuk
memasarkan produk batiknya secara online. Penulis tertarik untuk meneliti
pemasaran secara online produk batik pada Rumah Batik Rolla Jember karena produk
batik di Rumah Batik Rolla memiliki perbedaan dari rumah batik lain, yaitu
menerapkan konsep one design one product. Selain itu, rumah batik lain tidak
memasarkan produk batik secara online seperti yang diterapkan Rumah Batik Rolla
Jember. Metode yang digunakan penulis untuk meneliti pemasaran secara online pada
Rumah Batik Rolla Jember adalah metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh
penjelasan dan gambaran pemasaran secara online di Rumah Batik Rolla.
Hasil penelitian yang didapat dari Rumah Batik Rolla Jember adalah website
dan akun yang digunakan rumah batik rolla dalam memasarkan produk batiknya.
Akun yang digunakan adalah akun facebook pribadi milik ibu Iriane serta bekerja
sama dengan PT. Indosat dan tokobagus.com. Pemasaran secara online ini memiliki
kelebihan dan kekurangan sehingga ibu Iriane memiliki kiat-kiat atau strategi khusus
dalam menjalankan bisnisnya secara online.