Show simple item record

dc.contributor.authorLIA FAJAR INDAH SARI
dc.date.accessioned2013-12-06T07:22:20Z
dc.date.available2013-12-06T07:22:20Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210274075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5700
dc.description.abstractPembelajaran IPS di kelas IV SDN Kaliwates 01 pada umumnya kurang maksimal. Siswa di kelas selama pembelajaran menjadi subjek yang pasif. Pembelajaran di kelas bersifat Teacher Centered. Akibat dari keadaan tersebut siswa kurang tertarik dan terlibat langsung dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa rendah dan prosentase ketuntasan klasikal tidak tuntas dengan porsentase hanya sebesar 56%. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui : (1) Peningkatan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah – masalah sosial di lingkungan setempat dengan metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Kaliwates 01. (2) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah – masalah sosial di lingkungan setempat dengan metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Kaliwates 01. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kaliwates 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 25 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 10 Maret 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningakatan aktivitas guru dan siswa. Hasil Tes Esai berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan portsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 64% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan pula. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dan pada siklus II berada pada kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktiviras belajar pada materi gaya melalui penerapan metode diskusi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274075;
dc.subjectAktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Diskusien_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN MASALAH – MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SDN KALIWATES 01 KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record