• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN MASALAH – MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SDN KALIWATES 01 KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Lia Fajar Indah S..pdf (272.1Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    LIA FAJAR INDAH SARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kaliwates 01 pada umumnya kurang maksimal. Siswa di kelas selama pembelajaran menjadi subjek yang pasif. Pembelajaran di kelas bersifat Teacher Centered. Akibat dari keadaan tersebut siswa kurang tertarik dan terlibat langsung dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa rendah dan prosentase ketuntasan klasikal tidak tuntas dengan porsentase hanya sebesar 56%. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui : (1) Peningkatan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah – masalah sosial di lingkungan setempat dengan metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Kaliwates 01. (2) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah – masalah sosial di lingkungan setempat dengan metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Kaliwates 01. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kaliwates 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 25 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 10 Maret 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningakatan aktivitas guru dan siswa. Hasil Tes Esai berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan portsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 64% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan pula. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dan pada siklus II berada pada kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktiviras belajar pada materi gaya melalui penerapan metode diskusi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5700
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository