PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN MASALAH – MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SDN KALIWATES 01 KABUPATEN JEMBER
Abstract
Pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kaliwates 01 pada umumnya kurang
maksimal. Siswa di kelas selama pembelajaran menjadi subjek yang pasif.
Pembelajaran di kelas bersifat Teacher Centered. Akibat dari keadaan tersebut
siswa kurang tertarik dan terlibat langsung dalam pembelajaran. Hasil belajar
siswa rendah dan prosentase ketuntasan klasikal tidak tuntas dengan porsentase
hanya sebesar 56%. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah
untuk mengetahui : (1) Peningkatan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran
IPS pokok bahasan masalah – masalah sosial di lingkungan setempat dengan
metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Kaliwates 01. (2) Peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah – masalah sosial di
lingkungan setempat dengan metode diskusi pada siswa kelas IV SDN Kaliwates
01. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kaliwates 01 Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 25 orang siswa. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian
tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan
sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskripsi
kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 10 Maret 2011. Berdasarkan
hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar
observasi menujukkan peningakatan aktivitas guru dan siswa. Hasil Tes Esai
berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan portsentase ketuntasan klasikal
pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 64% dan Siklus II
porsentase ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil tes kinerja yang mengukur
tingkat aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan pula. Siklus I aktivitas
belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dan pada siklus II berada pada
kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami
peningkatan hasil belajar dan aktiviras belajar pada materi gaya melalui
penerapan metode diskusi.