Show simple item record

dc.contributor.authorLENY INDAH ILMUL KITAB
dc.date.accessioned2013-12-06T07:19:12Z
dc.date.available2013-12-06T07:19:12Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204245
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5697
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa Kelas IV SDN Kebonsari 03 Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 03Jember, mulai tanggal 29 Maret 2011 sampai tanggal 14 April 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 34 anak, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes prasiklus, tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPA siklus I kriteria menjawab pertanyaan mempunyai persentase sebesar 75%, kriteria bekerjasama dalam melakukan eksperimen sebesar 62%, kriteria memberi tanggapan sebesar 48,5%, dan kriteria mengajukan pertanyaan sebesar 56,5%. Sehingga persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan lingkungan fisik secara keseluruhan pada siklus I mencapai 60,5% (aktif). Pada siklus II, kriteria menjawab pertanyaan mempunyai persentase sebesar 88%, kriteria bekerjasama dalam melakukan eksperimen sebesar 82,5%, kriteria memberi tanggapan sebesar 63%, dan kriteria mengajukan pertanyaan sebesar 67,5%. Sehingga persentase ratarata aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan lingkungan fisik secara keseluruhan pada siklus II mencapai 75,25% (sangat aktif). Analisis hasil tes siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 65%. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I mencapai 68% (tuntas), dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 82% (tuntas). Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran CLIS pada pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan lingkungan fisik. Siswa lebih aktif, antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran. Adanya peningkatan aktivitas tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari Jember pada siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap tuntas karena sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204245;
dc.subjectChildren Learning In Science (CLIS), Aktivitas dan Hasil Belajar IPAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 03 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record