• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Leny Indah Ilmul K..pdf (161.8Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    LENY INDAH ILMUL KITAB
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa Kelas IV SDN Kebonsari 03 Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 03Jember, mulai tanggal 29 Maret 2011 sampai tanggal 14 April 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 34 anak, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes prasiklus, tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPA siklus I kriteria menjawab pertanyaan mempunyai persentase sebesar 75%, kriteria bekerjasama dalam melakukan eksperimen sebesar 62%, kriteria memberi tanggapan sebesar 48,5%, dan kriteria mengajukan pertanyaan sebesar 56,5%. Sehingga persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan lingkungan fisik secara keseluruhan pada siklus I mencapai 60,5% (aktif). Pada siklus II, kriteria menjawab pertanyaan mempunyai persentase sebesar 88%, kriteria bekerjasama dalam melakukan eksperimen sebesar 82,5%, kriteria memberi tanggapan sebesar 63%, dan kriteria mengajukan pertanyaan sebesar 67,5%. Sehingga persentase ratarata aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan lingkungan fisik secara keseluruhan pada siklus II mencapai 75,25% (sangat aktif). Analisis hasil tes siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 65%. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I mencapai 68% (tuntas), dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 82% (tuntas). Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran CLIS pada pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan lingkungan fisik. Siswa lebih aktif, antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran. Adanya peningkatan aktivitas tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari Jember pada siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap tuntas karena sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5697
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository