PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research).
Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir
(JNE) di Kota Jember. Sampel penelitian sebanyak 110 responden yang
menggunakan jasa pengiriman barang pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)
di Kota Jember. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa relationship
marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan serta
kepuasan pelanggan juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan
pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Jember. Oleh karena itu,
pihak PT Tiki Jalur Nurgaha Ekakurir(JNE) di Kota Jember perlu memperhatikan
dan mengembangkan kegiatan relationship marketing untuk mempertahankan dan
membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan baik, sehingga pelanggan
tetap memilih untuk menggunakan jasa pengiriman barang pada PT Tiki Jalur
Nugeaha Ekakuriir (JNE) di Kota Jember sebagai pilihan pertama dibenak
mereka.