Show simple item record

dc.contributor.authorLa Ode Abd Rahman
dc.date.accessioned2013-12-06T07:08:13Z
dc.date.available2013-12-06T07:08:13Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5681
dc.description.abstractHasil penelitian ini menunjukan bahawa aktivitas dan hasil belajar meningkat. Situasi dan keadaan sebelum tindakan penelitian dilakukan, siswa cenderung ribut dan berkeliaran dalam kelas, serta siswa jarang bertanya. Analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPA siklus 1 persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 58.13%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 83.72%, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 25.59%, maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 83.72%. Kemudian hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus 1 secara klasikal mencapai 52.5%. Pada siklus 2 secara klasikal mencapai 78.05%, Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 25.55%, maka ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 78.05%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan energi gerak melalui model cooperative learning tipe STAD pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember tahun ajaran 2010-2011. Adapun saran penulis bagi pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini adalah hendaknya melakukan inovasi pembelajaran yang variatif, agar pembelajaran dapat menyenangkan bagi siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204026;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPA, Energi Gerak, Cooperative Learning Tipe STADen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ENERGI GERAK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS III SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record