PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ENERGI GERAK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS III SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukan bahawa aktivitas dan hasil belajar meningkat.
Situasi dan keadaan sebelum tindakan penelitian dilakukan, siswa cenderung ribut
dan berkeliaran dalam kelas, serta siswa jarang bertanya. Analisis pada aktivitas
siswa selama pembelajaran IPA siklus 1 persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa
secara klasikal mencapai 58.13%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan aktivitas
belajar siswa secara klasikal mencapai 83.72%, sehingga dapat disimpulkan bahwa
peningkatan ketuntasan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar
25.59%, maka aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikatakan
tuntas/berhasil dengan persentase 83.72%. Kemudian hasil analisis ketuntasan hasil
belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus 1
secara klasikal mencapai 52.5%. Pada siklus 2 secara klasikal mencapai 78.05%,
Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari
siklus 1 ke siklus 2 sebesar 25.55%, maka ketuntasan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPA dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 78.05%.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan energi gerak
melalui model cooperative learning tipe STAD pada siswa kelas III SDN Kebonsari
04 Jember tahun ajaran 2010-2011. Adapun saran penulis bagi pihak-pihak yang
terkait dalam penelitian ini adalah hendaknya melakukan inovasi pembelajaran yang
variatif, agar pembelajaran dapat menyenangkan bagi siswa.