ENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITI SEBAGAI ENDORSER IKLAN TELEVISI TERHADAP KESADARAN MEREK SEPEDA MOTOR YAMAHA DI WILAYAH PERKOTAAN JEMBER
Abstract
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Karakteristik Selebriti sebagai Endorser
Iklan Televisi Terhadap Kesadaran Merek Sepeda Motor Yamaha di Wilayah
Perkotaan Jember”. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, informasi
dikumpulkan dari 100 orang responden, maupun wawancara langsung dengan
pemirsa televisi di wilayah perkotaan Jember. Proses pengolahan data menggunakan
analisis regresi linear berganda.
Tujuan penelitian yang pertama adalah untuk mengetahui pengaruh variabel
bauran pemasaran, yaitu kredibilitas selebriti sebagai endorser, kesesuaian selebriti
sebagai endorser dengan pemirsa, kesesuaian selebriti sebagai endorser dengan
merek, dan daya tarik selebriti sebagai endorser terhadap kesadaran merek sepeda
motor Yamaha di wilayah perkotaan Jember. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui
variabel paling dominan terhadap kesadaran merek sepeda motor Yamaha di wilayah
perkotaan Jember.
Berdasarkan analisis koefisien determinasi berganda (R
vii
2
), dapat diketahui
bahwa kemampuan variabel bebas : kredibilitas selebriti sebagai endorser, kesesuaian
selebriti sebagai endorser dengan pemirsa, kesesuaian selebriti sebagai endorser
dengan merek, dan daya tarik selebriti sebagai endorser untuk menjelaskan variasi
pada variabel terikat kesadaran merek sepeda motor Yamaha adalah sebesar 32,9 %.
Selebihnya, yaitu 67,1 %dijelaskan oleh factor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam
model regresi yang diperoleh. Berdasarkan hasil uji F, diketahui bahwa semua
variabel bebas secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh nyata terhadap
variabel terikat, yaitu Y (kesadaran merek sepeda motor Yamaha) yang ditunjukan
oleh Fhitung > Ftabel (13,117 > 2,469). Berdasarkan hasil uji t (parsial), disimpulkan
bahwa variabel kredibilitas selebriti sebagai endorser, kesesuaian selebriti sebagai
endorser dengan pemirsa, kesesuaian selebriti sebagai endorser dengan merek, dan
daya tarik selebriti sebagai endorser yang > ttabel yakni 1,6616. Berdasarkan hasil
analisis koefisien determinasi parsial (r
2
) untuk mengetahui variabel yang paling
dominan terhadap kesadaran merek sepeda motor Yamaha, variabel yang paling
dominan adalah kesesuaian selebriti sebagai endorser dengan pemirsa dengan nilai r
sebesar 40,2 %.