PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI PT. TECHNOMART)
Abstract
PT. Technomart adalah perusahaan perdagangan dengan konsep Direct Selling Retail. Saat ini perusahaan dalam masa pertumbuhan yang pesat dan bermaksud melakukan pengembangan dengan membuka cabang-cabang baru. Namun perusahaan menghadapi permasalahan kurang bagusnya manajemen informasi karena belum adanya sistem informasi yang terintegrasi yang dapat mendukung tujuan bisnisnya. Untuk itu perusahaan membutuhkan perencanaan strategisSI/TI yang tepat agar dapat mendukung strategi bisnisnya secara keseluruhan.
Penelitian ini menjawab permasalahan tersebut dengan melakukan perencanaan strategis SI/TI yang mengacu pada Ward & Peppard (2003). Adapun tahapan penelitiannya sebagai berikut: Menetapkan tujuan penelitian dan melakukan pengumpulan data dan informasi yang dibutuhkan, memahami kondisi perusahaan saat ini dengan melakukan analisa lingkungan internal dan eksternal bisnis dan SI/TI, kemudian melakukan analisa SWOT untuk menentukan isu strategisnya. Tahapan selanjutnya adalah menentukan kebutuhan yang akan datang melalui analisa BSC terhadap isu strategis yang sudah ditentukan, kemudian menentukan faktor-faktor yang menjadi kunci kesuksesan isu strategis dengan analisa Critical Success Factor untuk selanjutnya aktifitas-aktifitas stratejik tersebut diidentifikasi dengan analisa value chain.