ANALISIS SEGMENTASI PASAR PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI WILAYAH KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEGMENTASI PASAR PADA
RESTORAN CEPAT SAJI DI WILAYAH KOTA JEMBER”. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui segmentasi pasar restoran cepat saji di wilayah
kota Jember. Restoran cepat saji yang menjadi tujuan penelitian ialah KFC
(Kentucky Fried Chicken), CFC (California Fried Chicken), Pizza Hut, Quick
Chicken, Gama Ayam Goreng dan Steak. Penelitian ini menggunakan data primer
yang diambil dari kuesioner pada responden, yaitu masyarakat yang pernah
mengunjungi restoran cepat saji yang menjadi objek penelitian dan berdomisili di
wilayah kota Jember khususnya Kecamatan Sumbersari, Kecamatan Patrang dan
Kecamatan Kaliwates. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis yang
digunakan adalah alat analisis pengujian instrumen yaitu uji validitas metode
pearson product moment, uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha yang
dilanjutkan dengan analisis statistik yaitu Cluster Analysis. Hasil penelitian
dengan menggunakan analisis Klaster bahwa konsumen restoran cepat saji di
wilayah kota Jember dapat dibagi menjadi 5 segmen, dimana setiap segmen
memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tiap restoran cepat saji tidak hanya
dikunjungi oleh satu segmen saja. Kelima segmen memiliki perbedaan profil dan
perilaku sehingga berpengaruh pada pilihan konsumen pada salah satu restoran.