Show simple item record

dc.contributor.authorFathurrozi Winjaya
dc.date.accessioned2014-04-01T22:45:23Z
dc.date.available2014-04-01T22:45:23Z
dc.date.issued2014-04-01
dc.identifier.nimNIM091910201063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56575
dc.description.abstractPengembangan dan penggunaan energi terbarukan makin menjadi hal yang sangat penting. Apalagi dengan makin mengglobalnya isu emisi CO yang kontra terhadap pelestarian lingkungan global. Salah satu usaha untuk meminimalisasi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh gas emisi kendaraan adalah dengan menciptakan sebuah kendaraan yang berenergi listrik sehingga tidak menghasilkan gas emisi yang dapat mengakibatkan polusi lingkungan. Penggunaan mobil listrik dirasa efektif selain tidak menimbulkan polusi udara dan konstruksi mesinnya yang lebih sederhana. Dengan itu dibuatlah sebuah simulator mobil listrik yang terdapat tiga sistem yaitu buck converter untuk proses charge, switching, dan kontrol kecepatan motor beserta monitoring tegangan, arus, daya dan RPM dengan kondisi normal dan optimal. Pada proses charge dengan buck converter memiliki kisaran waktu sekitar 160 menit dengan besaran arus 1,5 ampere dan nilai kesalahan rata-rata 1,46%. Dalam penggunaan energi dengan kondisi optimal digunakan dengan beban yang berubah-ubah, sehingga jika terdapat daya yang dihasilkan lebih dari 22 watt, pada beban 10 Kg, maka arus pada motor adalah sebesar 3,69 ampere sehingga daya diatur menjadi 21,94 watt dengan mengendalikan RPM maksimal dengan mengurangi tegangan sampai dengan 5,94 volt dan RPM yang dihasilkan 36,8.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries091910201063;
dc.subjectbuck converter, charging baterai, mobil listrik, panel surya, switching bateraien_US
dc.titlePERANCANGAN SISTEM MONITORING DAN KONTROL SIMULATOR MOBIL LISTRIK PADA PENGGUNAAN ENERGI SECARA OPTIMALen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record